Monday, March 31, 2008

METODE PENELITIAN

BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Jenis penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah “Quasi Eksperirnen” dengan desain “Pre Test and Post Test Group Design yaitu suatu penelitian dengan melakukan pengumpulan data sebanyak 2 kali yaitu sebelum perlakuan (diskusi kelompok = 01 dan ceramah = 03) dan sesudah perlakuan (diskusi kelompok = 02 dan ceramah 04). Perbedaan antara 01 dan 02 yakni 02 — 01 diasumsikan merupakan efek dan perlakuan diskusi kelompok sedangkan perbedaan antara 03 dan 04 yakni 04 - 03 diasumsikan merupakan efek perlakuan ceramah. Perbedaan 0201 dan 0403 sebagai perbedaan peningkatan pengetahuan antara diskusi kelompok dengan ceramah (Arikunto, 1998).
3.2 Variabel Penelitian
Variabel adalah obyek atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian yang bervariasi (Arikunto, 1998). Variabel dalam penelitian mi adalah:
3.2.1 Variabel Independent
Variabel independent dalam penelitian mi adalah metode diskusi kelompok dan ceramah.
3.2.2 Variabel Dependent
Variabel dependent dalam penelitian mi adalah pengetahuan wanita tentang Sadari.
Sub Variabel dalam penelitian mi adalah tingkatan pengetahuan C I — C6.
3.3 Hipotesis Penelitian
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang ditetapkan. Dalam penelitian mi dirumuskan hipotesis sebagai berikut:
3.3.1 Ho Tidak ada perbedaan yang bermakna pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode diskusi kelompok Ha Terdapat perbedaan yang bermakna pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode diskusi kelompok
3.3.2 Ho = Tidak ada perbedaan yang bermakna pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah
Ha = Terdapat perbedaan yang bermakna pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah
3.3.3 Ho = Penggunaan metode diskusi kelompok sama efektif dibanding metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan wanita tentang pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di Kelurahan Tegal Kamulyan Wilayah Kerja Puskesmas Cilacap Selatan II Kab. Cilacap.
Ha Penggunaan metode diskusi kelompok lebih efektif daripada metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan wanita tentang pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di Kelurahan Tegal Kamulyan Wilayah Kerja Puskesmas Cilacap Selatan II Kab. Cilacap.
3.4 Populasi dan Sampel
3.4.1 Populasi
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian (Arikunto. 1998). Populasi dalam penelitian mi adalah semua wanita usia 25 — 35 tahun di Kelurahan Tegal Kamulyan Wilayah Kerja Puskesmas Cilacap Selatan II Kab. Cilacap, dengan jumlah 379 orang, dengan perincian sebagai berikut: Dusun 1 62 orang, Dusun II 169 orang dan Dusun III 148 orang. Denganjumlah wanita dengan tingkat pendidikan lulus SD = 211, SLP = 91, SLA 70 dan PT 7.
3.4.2 Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti (Arikunto, 1998) atau sebagian dan jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 1997).
Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus:


Keterangan: N Besar populasi
n = Besar sampel
d Tingkat ketelitian (0,1)
Notoatmojo (2002)
sehingga didapat 79 orang sample atau dibulatkan menjadi 80 orang samkel.
Dalam penelitian mi menggunakan teknik “Disproportional Strut fJled Random Sampling” untuk populasi sampel yang tidak homogen dan berstrata tetapi kurang proporsional (Sugiyono, 2002), sehingga didapat untuk wanita
dengan tingkat pendidikan lulus SD = 44 orang, SLP 20 orang, SLA 14 orang dan PT = 2 orang (karena proprosi sampel untuk tingkat pendidikan PT kecil yaitu 2 orang, maka diambil semuanya yaitu 7 orang, sehingga sampel yang diambil sebanyak 85 orang.
Untuk sampel diskusi kelompok sebanyak 43 orang (SD=22, SLP10,
S1A=7. PT=4) dan untuk ceramah sebanyak 42 orang (SD22, SLP= 10, SLA7 dan PT=3). Kemudian pengambilannya dilakukan secara “random/acak”.
3.5 Tekuik Pengumpulan Data
3.5.1 Instrurnen Penelitian
Instrumen adalah alat bantu yang digunakan untuk mengumpulkan data
(Arikunto, 1997).
Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup yang dibuat oleh Puguh Widiyanto (1999) dan Ritha Melanie (2001) dengan sedikit perubahan dan penambahan yang disusun sendiri. Kuesioner terdiri dan 24 pertanyaan yang meliputi Cl, C2, C3, C4, C5 dan C6.
3.5.2 Uji Coba
Uji coba kuesioner dilakukan pada 30 orang wanita usia 25 — 35 tahun di Desa Legok Kidul Wilayah Kerja Puskesmas Paseh Kabupaten Sumedang. Tujuan uj i coba adalah untuk mengetahui apakah pertanyaan-pertanyaan dalam angket dapat dimengerti oleh responden dan dapat dipercaya.
3.5.3 Validitas
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkatan kevalidan suatu instrumen (Azwar, 1998). Artinya instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur (Sugiyono, 1997).
Untuk validitas pengetahuan dengan skala pengukuran dan item adalah dikotomi (1 dan 0) menggunakan Koefisien Korelasi Point Bisser, dengan rumus:

Keterangan:
X Rata-rata test untuk semua orang
XI Rata-rata test hanya untuk orang yang menjawab benar pada item ke-i
p = Proporsi dan orang yang menjawab benar pada item ke-i
1 - p Proporsi dan orang yang menjawab salah pada item ke-i q
SD = Standar deviasi pada test untuk semua orang
Dimana : jika hasil PB > 030 adalah valid dan sebaliknya.
Berdasarkan hasil penghitungan, dan 24 item pertanyaan terdapat 4 item pertanyaan yang tidak valid (ada beberapa kalimat dengan susunan yang kurang baik dan adanya kata — kata yang tidak dimengerti oleh responden). Kemudian diadakan perubahan degan tidak mengurangi maksud dan pertanyaan tersebut. Uji coba instrumen dilakukan lagi dan dihasilkan seluruh instrumen valid.
3.5.4 Reliabilitas
Reliabilitas berarti instrumen tersebut bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama akan menghasilkan data yang sama (Sugiyono, 1997). Untuk uji reliabilitas pengetahuan dapat digunakan dengan Koefisien
Reliabilitas Kuder-Richardson (KR-20). Dimana uji mi dapat menggambarkan variasi dan item-item untuk jawaban benar/salah yang diberi skor 0 atau I (Sugiyono, 2002), dengan rumus:

Keterangan:
n = Jumlah item
5,2 = Varians dan total skor orang yang menjawab benar
p Proporsi dan orang yang menjawab benar pada item ke-i
— p = Proporsi dan orang yang menjawab salah pada item ke-i=q
Untuk menentukan keretatan hubungan bisa digunakan kriteria Guilford
(1956) dalam Nirvana SK. Sitepu (1994), yaitu:
1. <0,20 : Hubungan yang sangat kecil dan bisa diabaikan
2. 0,20 - < 0.40 : Hubungan yang kecil (tidak erat)
3. 0,40 - < 0,70 : Hubungan yang cukup erat
4. 0,70 - < 0,90 : Hubungan yang erat (reliabel)
5. 0.90 - < 1.00 : Hubungan yang sangat erat (sangat reliabel)
6. 1,00 : Hubungan yang sempuma
Berdasar hasil penghitungan. didapatkan reliabilitas instrumen secara keseluruhan yaitu 0,983 (sangat reliabel) dan untuk tiap tingkatan pengetahuan berada pada range 0,859 — 0,939 (reliabel — sangat reliabel).
3.6 Prosedur Pengumpulan Data
Pengumpulan data dimulai dengan mengambil secara acak dan populasi hingga didapatkan 85 responden . Kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah untuk masing—masing tingkat pendidikan sama sesuai proporsinya. Penelitian dilakukan setelah ada persetujuan dan responden yang diawali dengan penjelasan maksud dan tujuan penelitian, kemudian responden diminta menandatangani lembar persetuj uan dan diberikan test yang dilakukan dna kali. Test awal dilakukan sebelum dilakukan diskusi kelompok dan ceramah tentang Sadari. IJiskusi kelompok dan ceramah dilakukan setelah tes awal. Test akhir dilakukan setelah tindakan diskusi kelompok dan ceramah tentang Sadari.
3.7 Teknik Analisa Data
Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan rumus-rumus atau aturan-aturan sesuai dengan pendekatan penelitian atau desain yang dipergunakan sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang disebut dengan analisis data (Arikunto, 1996).
3.7.1 Analisa Data Univariat
Untuk mengukur pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan diskusi
kelompok maupun ceramah, dihitung dengan rumus:

Keterangan: P : Prosentase
X : Jumlah soal yang dijawab benar
X max : Jumlah soal seluruhnya (Arikunto, 1998).
Hash dan pengukuran data yang bersifat kuantitatiftersebut dimasukkan ke dalam
standar kriteria obyektif yang bersifat kualitatif, yaitu:
76%— 100%Baik
56%—75% =Cukup
40%—55% KurangBaik
<40 % = Tidak Balk (Arikunto, 1996).
Untuk mengetahui prosentase jumlah responden dalam kategori rengetahuan, data diolah secara ststistik deskriptif sebagai berikut:

Keterangan: P = Prosentase
f = frekuensi distribusi
n jumlah responden
Perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi diskusi kelompok dan ceramah. diuji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Uji Wilcoxon digunakan untuk 2 sampel berpasangan dan sesuai dengan skala data skor total pengetahuan yang ordinal (berjenjang).
3.7.2 Analisa Data Bivariat
Untuk menguji hipotesis komparatif dua sample independen dengan data ordinal (mengetahul perbedaan peningkatan pengetahuan wanita usia 25 — 35 tahun, antara metode diskusi kelompok dan ceramah), dianalisis dengan menggunakan Tes UMann- Whitney (Sugiyono, 2002).
Dengan rumus:

atau, ekuivalen dengan

Keterangan:
n1 = Jumlah sampel I
Jumlah sampel 2
U1 Jumlah peringkat I
U2 = Jumlah peringkat 2
R1 = Jumlah rangking pada sampel n1
R2= Jumlah rangking pada sampel n2

3.8 Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data
Penelitian mi dilakukan di Kelurahan Tegal Kamulyan Wilayah Kerja Puskesmas Cilacap Selatan II Kab. Cilacap. Pengumpulan data penelitian mi dilaksanakan selama 1 minggu pada tanggal I — 6 September 2003.
3.9 Prosedur Penelitian
3.9.1 Tahap Persiapan
(I) Memilih lahan penelitian
(2) Melakukan studi pendahuluan
(3) Melakukan studi pustaka
(4) Menyusun proposal penelitian
(5) Mengadakan seminar proposal penelitian
(6) Mengurus izin penelitian
3.9.2 Tahap Pe1aksinaan
(I) Penggandaan instrumen
(2) Pengumpulan data
(3) Analisis data
(4) Pengambilan kesimpulan
3.9.3 Tahap Akhir
(1) Penyajian data
(2) Pengolahan hasil penelitian dan disajikan dalam tabel dan narasi
(3) Penyusunan laporan hash penelitian
3.10 Perlindungan Terhadap Subyek Penelitian
Sebelum melakukan kegiatan penelitian, peneliti membuat surat
persetujuan (inform concent). surat mi ditandatangani oleh responden, dan peneliti
menjamin kerahasiaan identitas danjawaban responden.

No comments:

About Me

Cilacap, jawa tengah, Indonesia
Saya tinggal di Cilacap ROCK staR... banyak hal yang menarik tentang saya..] Temukan disini